Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 

Bersama Relawan Peduli Lingkungan, TNI-Polri Tuban Bersih-Bersih Sungai

 


LENSATIMUR |       Dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman, TNI-Polri dari Koramil 0811/03 dan Polsek Semanding Tuban, bersama Komunitas Relawan melakukan aksi sosial membersikan bantaran sungai.

Kegiatan yang dipimpin oleh Forkopimca Semanding ini untuk mencegah terjadinya banjir saat musim penghujan. Mereka bergerak bersama ke lokasi sungai turut Desa Bektiharjo, Desa Prunggahan Kulon dan Desa Prunggahan Wetan, yang berada diwilayah Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur, Minggu (18/10/2020)

"Kegiatan yang dilakukan bersama ini dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, serta upaya dalam rangka meminimalisir bahaya banjir," demikian disampaikan Danramil 0811-03/Semanding Kapten Czi Khoirul Anwar.

Adapun sasaran dalam kegiatan ini yakni membersikan sampah, rumput liar yang mengganggu aliran sungai dan berbagai pohon yang tidak sesuai dengan keperuntukanya. Hal itu dilakukan agar aliran sungai dapat mengalir dengan lancar dan terus terjaga kebersihannya.

"Sungai perlu dijaga dan dirawat kebersihannya, agar tidak terjadi banjir pada saat musim penghujan akibat penumpukan sampah. Selain itu, aliran sungai yang tersumbat rentan terhadap penyakit," ujarnya.

Adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menggugah kesadaran warga masyarakat untuk terus merawat dan menjaga kelestarian lingkungan.

"Jangan membuang sampah sembarangan, apalagi di aliran sungai, agar terjaga kebersihannya, serta dapat melestarikan lingkungan," pesan Kapten Czi Khoiril Anwar.

Camat Semanding, Drs. Danardji, MM., mengatakan bahwa kegiatan pembersihan sungai sepanjang Desa Bektiharjo, Prunggahan Kulon dan Prunggahan Wetan ini mengatakan diharapan saat memasuki musim penghujan, sungai akan bersih dan tidak banjir.

Dalam pelaksanaanya, kerja bakti bersama ini kita tetap menerapkan protokol kesehatan hingga kegiatan selesai," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kades Bektiharjo, Prunggahan Kulon dan Prunggahan Wetan, anggota Koramil, Polsek, BPBD, relawan, perwakilan Perguruan Pencak Silat se- Kecamatan Semanding, Tagana, Senkom, RCC (Ronggolawe Creatif Center), perangkat desa, tokoh pemuda Masyarakat setempat. (Pendim/Red)